Posted on 6:19 PM

Perancangan WebBlog Dengan HTML

Waktu pertam kali saya berkunjung ke salah satu Web, saya terkagum-kagum melihat tampilan webnya yang memprsona, penuh dengan animasi lucu dan tampilan-tampilan aneh lainnya. ternyata bukan hanya wanita cantik yang dapat membuat kedua mata saya melotot web juga biasa…”dasar mata cewe’an, hik…hik…hik…” Namanya juga manusia.

Ehem, 1000 pertanyaan muncul di otak saya, “gimana ya cara buatnya, kok biasa??” Akhirnya saya memakai jurus andalan saya untuk mencari merancang webblog, dari bertanya, membaca kemudian mencobanya. Wihhh…..ternyata untuk mendapatkan sebuah ilmu itu tidak mudah butuh ketekunan dan tidak mengenal putus asa jika gagal. Ternyata untuk merancang webblog sangat mudah.

“Hallo…masih ada kan…? Bagus,”
Langsung aja ya ke pembahasan tutorialnya.
Pada dasarnya perancangan webblog sama seperti membuat sebuah rumah. Kita membutuhkan Arsitek untuk merancang bangunanya, Tukang/teknisi untuk membangunnya, kemudian kita memerlukan bahan mentah seperti kayu, semen, batu, de-el-el, he..he..he…jangan lupa Duit yang banyak ya…,Oya donk, kalau ga mau keluar duit banyak loe tingga cari bambu aja di hutan jadiin bahannya, rebeskan? Opps…maksudnya Beres kan?!.

Begitu juga dalam kita membangun sebuah webblog. Namun, untuk membuat web/blog yang mewah dan menarik , ga sesulit dan semahal membangun sebuah rumah. Kita hanya membutuhkan Imajinasi dan creative diri (sebagai arsiteknya), Tukang/teknisinya ya diri kita sendiri, masa orang lain. Kemudian bahan - bahannya , kita cukup memahami bahasa pemprograman sederhana seperti javascript dan html, kalau ga tau kenalan dulu gih sana, baru datang lagi ya…..”Cieee…..marah !” nanti cepat tua lho.

Oya, 1 lagi kamu mesti memiliki software untuk membuat animasi. Tapi kalau ga ada juga G.P.P alias ga apa-apa. Karna kalian biasa membuat animasi semudah merebus mie instan. “gimana tuch caranya?” gampang Tanya aja sama Om gua tuch. Om Google….

Sepertinya Saya kembanyakan ngobrol ya, Mana isinya?”
Hmmmm…kita cek perlengkapan dulu ya. Arsiteknya uda siap??? “Bagus.” Tukangnya/teknisi?. “Apaaaa….lagi baca?!” ihhh itu kan kamu yang baca. Nah Saya yakin yang satu ini pasti belum ada. Bahannya…? “kan belum di ajarin…” O iya, Ayo kita Belajar, Go…go…go….!!!

Saya akan memperkenalkan, HTML atau kata bekennya (HyperText Markup Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Si html ini merupakan sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan.

HTML dokumen tersebut mirip dengan dokumen teks biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah teks bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu. Sebagai contoh jika ingin membuat teks ditampilkan menjadi tebal seperti: TAMPIL TEBAL, maka penulisannya dilakukan dengan cara: <b>TAMPIL TEBAL</b> tanda <b> digunakan untuk mengaktifkan instruksi cetak tebal, diikuti oleh teks yang ingin ditebalkan, dan diakhiri dengan tanda </b> untuk menonaktifkan cetak tebal tersebut.


Secara garis besar, terdapat 4 jenis elemen dari HTML:

Pertama, Structural. tanda yang menentukan level atau tingkatan dari sebuah teks.Contoh:<h1>Golf</h1> akan memerintahkan browser untuk menampilkan “Golf” sebagai teks tebal besar yang menunjukkan sebagai Heading 1.

Kedua, Presentational. tanda yang menentukan tampilan dari sebuah teks tidak peduli dengan level dari teks tersebut.
Contoh:<b>boldface</b> akan menampilkan bold. Tanda presentational saat ini sudah mulai digantikan oleh CSS dan tidak direkomendasikan untuk mengatur tampilan teks.

Ketiga, Hypertext. tanda yang menunjukkan pranala ke bagian dari dokumen tersebut atau pranala ke dokumen lain.
Contoh:<a href="http://wawan-iwan.blogspot.vom/">IlmuKita</a>akan menampilkan halaman dari alamat wawan-iwan.blogspot.com sebagai sebuah hyperlink ke URL tertentu.

Keempat, Elemen widget yang membuat objek-objek lain seperti tombol <button>, list <li>, dan garis bawah <hr>.

Contoh Kode html sederhana :





<html>
<head>
<title>bagian ini kamu isikan title dari web kamu</title>
</head>
<body>
<p>nah kalau ini adalah isinya</p>
</body>
</html>

Nah, untuk melihat hasilnya, silahkan Klik Save As pada notepad dengan member nama pada file name di akhiri estensi html. Kemudian silah kan buka melaui browser kalian.
Contohnya:
File ku.html
Dasar-Dasar Tag HTML:

Itu hanya sebagian tag saja yang dapat saya jelaskan ada banyak tag html lainnya.

Pembaca yang Ca'em, "Hati-hati jemuran, nanti nyangkut...!"
Sebenarnya saya inginnnn.... sekali menjelaskan sedetail-detailnya tentang html ini, tapi berhubung Saya punya waktu harus dibagi dengan hal yang lain jadi, Saya hanya bisa menjelaskan apa yang saat ini saya ingat tentang html. "Jangan nangis ya..."

- Membuat Teks Heading
- Merubah Format Teks Dengan Html
- Membuat Tabel
- Membuat List


.......Masih dalam penulisan.......


Read More

0 Responses to Perancangan WebBlog Dengan HTML

Post a Comment