Posted on 10:43 AM

Merubah Format Teks Denagn Html

Ada seorang anak kecil datang menghampiri Saya saat Saya sedang belajar sulap. Dengan raut wajah yang sedikit kalut dan takut, kemudian ia bertanya polos "Abang bisa ga merubah tulisan warna merah pada angka di dalam buku saya ini?" Yang bener aja, mang gw Mas Didi Kourbuser$#%#^&$#^?... Pikir Saya dalam hati. Ternyata anak ini takut kalau nilainya merahnya dilihat oleh orang tuanya. Pake pewarna aja dek....

Saya memang tidak bisa merubah warna tulisan disebuah buku dengan sulap, karena saya bukan pesulap, Akan tetapi saya dapat memformat sebuah teks dengan code html.
Langsung aja C E K I D O TTZZZZ....!!!

Html memiliki beberapa tag code untuk memformat sebuah teks atau angka, beberapa contoh tag codenya seperti ini:

Keliatan ga? makanya lain kali pake kaca mata.
Ingat ...ingat! seperti yang sudah saya katakan pada postingan Perancanga WebBlog Dengan Html, bahwa setiap tag pembuka harus di akhiri dengan tag penutup ato slise (/).

Kita lansgung praktik aja, biar ga seperti berjalan di dalam gelap.
Pembaca yang Saya kasihi, " Cie'ela...." Hik...hik..hik.... Saya akan menuliskan tag html lengkap dibawah ini kemudian kalian bisa juga ikut menulis di komputer kalian kemudian kita akan sama-sama lihat hasilnya pada borwser kita masing-masing, setuju ?! Jawabnya nanti aja....
_________________________________________________________________________________________________

<html>
<title>Coontoh Pembuatan Kode html</title>
<head>
<body>


<p>
Pada tag ini berisi tulisan atau isi dari web kailan, ini hanya contoh pembangunan kode html sederhana yang akan Saya lengkapi denag kode-kode untuk merubah format tek yang telah kita lihat pada gambar di atas. Ok, Perhatikan satu persatu 4 kode bagian atas <html>, <title>, <head>, dan <body>.Ini dimana kan tag Pembuka sebuah html. Tanpa tag ini html yang kita buat tidak akan berfungsi. Kemudian perhatikan kode pada bagian bawah </head></dody></html> Ini yang dinamakan tag penutuh html. Kalian bisa membedakan antara tag penutup dan pembuka pada awal kode yaitu tag penutup disertai tanda slise<b> ( / ) </p> sedangkan kode penutup di awali dengan tanda slise ( / ).</p>
<p>
Perhatikan kode pada baris kedua dibawah kode <html> yaitu <title>Coontoh Pembuatan Kode html</title>
Kode ini berfungsi untuk membuat Title pada web yang akan kita bangun, letaknnya pada kiri atas browser kita.</p>
<p>
Kemudian, perhatikan code <p>
kode ini membentuk sebuah paragraf dan juga harus di akhiri dengan tanda </p>
</p>


<p>Font size='4'>Contoh Penulisan Tag Code untuk memformat sebuah teks&lt;/font></p>


<center><p><font size='5'>Ini Contoh Penulisan Code Teks Rata

Tengah&lt;/font></p></center><br>

<p align='right'>Ini Contoh Penulisan Code Teks Rata Kanan&lt;/p><br>

<font color='red'>Ini Contoh Penulisan Code untuk warna teks&lt;/font><br>

<b>Ini Contoh menebalkan teks ( bold )</b>

<i>ini Contoh memiringkan teks ( italic ) </i>

<p align='justify'>Ini contoh Penulisan Code Rata kiri kanan&lt;/p>

</head>
</body>
<html>
______________________________________________________________________________________

Udah selsai beum ngopynya? Code yang diberi warna merak itu code dasar pembentuk htlmnya, Oke, sekarang kita save yach....cara ngesavenya,
Clik File > Save As


Kemudian tuliskan nama file kamu lalu klik save. lihat gambar dibawah ini...!

Sekarang tinggal cari file yang tadi sudah kita simpan, biasa iconnya akan berubah menjadi icon browser yang terinstal pada komputer kita. misalnya mozilla Firefox atau Internet Exsplor lalu buka untuk ngetesnya.
kalau kalian benar nulis codenya maka hasilnya bakalan seperti gambar dibawah ini:
Read More

0 Responses to Merubah Format Teks Denagn Html

Post a Comment