Posted on 2:08 PM

Menyeleksi Objeck dengan Magnetic Lasso Tool

Bayak cara dalam menyeleksi melalui adobe photoshop, diantaranya ialah dengan magnetic lasso tool. kenapa gw memakai ini, karena caranya gw anggap sangat sederhana ( nanya sendiri, jawab sendiri :D ) secara otomatis garis yang menyeleksi akan mengikuti setiap alur dari objek yang ingin kita seleksi, maksudnya gak otomatis jalan sendiri sih hik..hik.. (digerakkan dengan pointer) untuk lebih jelasnya mari kita ke tkp (ala OVJ). gw akan menyeleksi gambar teman gw dan memisahkannya dari bacgroundnya... :)

Di tutorial ini gw make Adobe Cs4
Pertama buka file gambar yang ingin dipisahkan dari bagroundya Klik menu File - Open - ( cari file di komputer kamu mungkin di my computer, document. image, yang pasti ga di bukan di dapur :) ), atau pakai gambar yang gw lampirkan juga gpp, ga bayar kok.
jika sudah maka tampilannya akan kurang lebih seperti gambar di bawah ini .....











Berikutnya aktifkan magnetic lasso tool lihat gambar di bawah ini..




Arahkan cursor ke icon tool kemudian klik kanan mouse lalu pilih tool dengan tulisan Magnetic Lasso Tool (L). Atau dengan menekan tombil L pada kyboard.






Kemudian letakkan lalu klik 1 kali pointer yang telah berubah bentuk menjadi icon magnetic lasso tool pada sisi objeck yang akan kita seleksi, lalu jalankan pointer menggunakan mouse mengikuti garis objek yang perlu untuk di seleksi hingga bertemu pada titik awal pertama. Lihat gambar di bawah ini :












Jika benar, maka akan seperti gambar di bawah ini hasilnya :













Kemudian kita akan mulai memisahkan objeck dari bacgrounnya.
Klik menu Select - Modify - Father. atau tekan Shift+f6 (jika pakai adobe cs4)


Father berfungsi untuk menghaluskan sisa potongan yang kita lakukan. semakin tinggi nilai Father radius, maka akan semakin halus hasil dari potongan ( tidak tajam )








Dalam tutorial ini gw menggunakan nilai radius 10 px. kemudian klik OK.



Nah, setelah penerapan father selesai kita akan menduplikat (copy) objeck.
tekan CLRL+J. setelah itu perhatikan layer yang ada di sisi kanan bawah workspace. jika tidak terlihat, klik menu Window - Layer atau tekan F7 .

layer yang tadinya hanya 1 (background) akan menjadi 2 layer yaitu layer background dan layer 1 ( adalah objeck yang tadinya kita seleksi )



kemudian aktifkan layer dengan file name background, ( klik aja layernya )




Kemudian klik menu Layer - New ( lalu klik OK ). atau tekan tombol CTRL + SHIFT + N layer akan bertambah. lihat gambar di bawah :




Layer dengan file name layer 2 adalah layer baru yang telah kita buat tadi.









Lalu aktifkan layer dengan file name layer 2. kemudian tambahkan warna untuk menghilangkan banckgroundnya ( gambar orang dibelekang ojeck ) dari objeck. pertama tekan tombol D untuk mendefult kan warna dasar dari tool foreground menjadi hitam putih. lihat gambar dibawah :













Untuk langkah terakhir, kita akan klik menu Edit - Fill atau Shift+F5 . kemudian klik OK.

Use : Foreground color.
Mode : Normal
Opacity : 100%










Jika benar maka hasilnya akan seperti ini :

Nah, ini hasil kasarnya saja. untuk merapikan sisi potongan agar terlihat rapi, kita bisa menggunakan Ereaser Tool untuk menghapus bagian yang terlihat tidak rapih.

Pembaca bisa mengganti warna sesuai yang di ingin kan, misalnya merah biru de-el-el. dengan cara klik 2 kali pada Tool Foreground kemudia akan tampil kotak Color Picker ( Foreground color ) nah pilih deh warna yang pembaca suka, dengan mengarahkan kursor ke posisi warna yang dupilih, lalu klik ok. gampang kan?!



Bandingkan gambar before dan after di atas.
Selamat mencoba. eittt..! mau kemana?! jangan lupa kasi coment, kritik dan saran yang membangun, kalau mau transfer juga gpp, rekening gw lg nganggur... hehe :)

Sukses !!!
Read More

0 Responses to Menyeleksi Objeck dengan Magnetic Lasso Tool

Post a Comment